• Rabu, 7 Desember 2022

Relawan Mak Ganjar Dirikan Dapur Umum Untuk Korban Banjir

- Selasa, 8 November 2022 | 09:59 WIB
Relawan Mak Ganjar Dirikan Dapur Umum Untuk Korban Banjir   AURORA NEWS - Relawan Mak Ganjar Sumatera Utara (Sumut) membangun dapur umum bagi masyarakat terdampak banjir di 2 titik wilayah Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.  Melalui dapur umum, mereka mendistribusikan 250 paket makanan siap saji dan (Junaidi)
Relawan Mak Ganjar Dirikan Dapur Umum Untuk Korban Banjir AURORA NEWS - Relawan Mak Ganjar Sumatera Utara (Sumut) membangun dapur umum bagi masyarakat terdampak banjir di 2 titik wilayah Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Melalui dapur umum, mereka mendistribusikan 250 paket makanan siap saji dan (Junaidi)

AURORA NEWS - Relawan Mak Ganjar Sumatera Utara (Sumut) membangun dapur umum bagi masyarakat terdampak banjir di 2 titik wilayah Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Melalui dapur umum, mereka mendistribusikan 250 paket makanan siap saji dan sembako.

Titik distribusi pertama di Gang Kampung Dalam, Kelurahan Pekan Tanjung Pura yang terendam banjir selama tiga hari dengan ketinggian mencapai 30 cm.

Sementara, titik lainnya di Gang Bilal, Pekan Tanjung Pura, banjir setinggi 50-70 cm telah merendam puluhan rumah dan berlangsung selama dua bulan.

Baca Juga:  Sekelompok Anggota Polri Lakukan Penyerangan ke Rumah Sakit di Kota Medan

Berbagai cara dilakukan Mak Ganjar Sumut untuk menyalurkan bantuan, mulai dari berjalan kaki hingga menggunakan perahu karet, sebab masih ada sejumlah warga yang memilih tidak mengungsi.

Koordinator Wilayah Mak Ganjar Sumatera Utara, Nour Wahyuni,  Minggu (6/11/22) mengatakan relawan Mak Ganjar memasak bersama dengan warga dan ibu-ibu di tempat ini.

Selesai masak lantas makanan tersebut dibagikan ke warga yang kena dampak banjir. Total ada 250 kotak, selain makanan ada juga sembako yang dibagikan. Bantuan itu telah digulirkan selama dua hari sejak Jumat (4/11) dan akan berlanjut hingga Selasa (8/11).

Baca Juga: Pengguna Cukup Merogoh Rp 124 Ribu untuk Mendapat Centang Biru Twitter

Nour menyatakan, dapur umum ini adalah komitmen Mak Ganjar Sumut yang terinspirasi dari sosok Ganjar Pranowo.

Menurut dia, Ganjar selalu siap siaga menghadapi datangnya bencana, serta merespon cepat membantu masyarakat Jawa Tengah yang terdampak.

Misalnya saja, terkait bencana banjir yang melanda Desa Dukuhturi, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes beberapa waktu lalu. Ganjar bergerak cepat membangun rumah bagi 32 keluarga korban bencana banjir bandang.

Baca Juga: Juara Dunia Francesco Bagnaia Sebut MotoGP Valencia Jadi Balapan Tersulit

Bantuan material rumah yang digunakan berupa struktur RUSPIN atau Rumah Unggul Sistem Panel Instan dua lantai beserta komponen senilai Rp 50 juta dan Rp 1,8 juta, untuk upah padat karya. Bangunannya yaitu tipe 36, dengan luas tanah 6x4 m2 dan luas bangunan 36 m2.

Ulfah (38), warga Kampung Dalam, bersyukur atas bantuan makanan siap saji dan sembako yang diberikan Mak Ganjar Sumut. Dia berharap, bantuan itu dapat terus digulirkan.

Ulfah mengaku aktif mengikuti perjalanan relawan Mak Ganjar dalam menyosialisasikan figur Ganjar Pranowo kepada masyarakat. Menurut dia, sosok Ganjar adalah pemimpin yang baik, apa adanya, kharismatik, dan merakyat.

Baca Juga: Kunjungan Anies di Medan Berjalan Aman dan Sukses, Partai NasDem Ucapkan Terima Kasih kepada Masyarakat

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Langkat, banjir merendam sejumlah desa dan kelurahan di Kecamatan Tanjung Pura akibat curah hujan yang tinggi beserta luapan air sungai.

Di Kelurahan Pekan Tanjung Pura, sekitar 123 KK terdampak banjir dan sebagian warga terpaksa mengungsi. Banjir juga merendam madrasah, perguruan tinggi dan masjid di sana.***

Editor: Abhiseka

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kebakaran di Tangerang Tewaskan 2 Anak Pemilik Rumah

Sabtu, 3 Desember 2022 | 18:02 WIB

Erick Thohir kini Jadi Orang Batak, Marganya Sidabutar

Sabtu, 26 November 2022 | 22:34 WIB
X