• Rabu, 7 Desember 2022

Peletakan Batu Pertama, Universitas Setya Terra Bhinneka sebagai Kampus Merdeka oleh Mendikbud

- Jumat, 26 Agustus 2022 | 17:00 WIB
Peletakan batu pertama oleh mendikbud sebagai perguruan tinggi pertama yang menerapkan Kampus Merdeka belajar dengan konsep kebhinnekaan. (Abhiseka)
Peletakan batu pertama oleh mendikbud sebagai perguruan tinggi pertama yang menerapkan Kampus Merdeka belajar dengan konsep kebhinnekaan. (Abhiseka)

AURORA NEWS - Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi RI, Nadiem Anwar Makarim melakukan peletakan batu pertama pembangunan Gedung Universitas Satya Terra (ST) Bhinneka di Jalan Sunggal, Medan, Sumatera Utara, Kamis (25/8).

Universitas ini, rencananya menjadi perguruan tinggi pertama yang menerapkan Kampus Merdeka belajar dengan konsep kebhinnekaan.

Rencananya, kampus ini akan menjadi kampus yang menerapkan kampus merdeka belajar, dan kampus merdeka bagi warga yang kurang mampu.

Baca Juga: Pelantikan DPW Garpu Nasdem Sumut Rangkul Kelompok UMKM

“Untuk kita ketahui, dengan merdeka belajar memberikan otonomi kepada siswa dan pengajar. Lebih mudah memastikan kampus dari nol dalam menjalankan merdeka belajar. Ini kesempatan yang besar sekali untuk ST Bhinneka menjadi kampus merdeka,” ujar Nadiem.

Kemudian, sambungnya, sejalan dengan semangat Yayasan Perguruan Sultan Iskandar Muda (YPSIM) untuk pendidikan yang inklusif, Universitas ST Bhinneka bisa menerapkan anti kekerasan.

“Karena ada tiga dosa besar dalam sistem pendidikan ini, yaitu Intoleransi, perundungan dan bully. Makanya, guru-guru dan sekolah membantu menghilangkan dosa besar ini,” tegas Nadiem.

Baca Juga: Ibu Muda Usia 35 Tahun Sudah Resmi Jadi Nenek

Dengan dukungan pemerintah daerah, Mendikbudristek RI yakin, ST Bhinneka bisa menjadi kampus penggerak untuk mendorong kolaborasi dan inovasi.

Sementara itu menurut Ketua Dewan Pembina YPSIM Medan, Sofyan Tan menargetkan pembangunan universitas ini bisa rampung pada tahun 2025, mendatang.***

Editor: Abhiseka

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kebakaran di Tangerang Tewaskan 2 Anak Pemilik Rumah

Sabtu, 3 Desember 2022 | 18:02 WIB

Erick Thohir kini Jadi Orang Batak, Marganya Sidabutar

Sabtu, 26 November 2022 | 22:34 WIB
X