Ada Jerigen di Lokasi Kebakaran Lahan di Sukamaju Rohul

- Senin, 1 Agustus 2022 | 12:45 WIB
Tidak adanya sumber air dan lokasi yang sulit dijangkau, membuat pemadaman dilakukan dengan memukul-mukulkan ranting pohon. (Tangkapan layar Dedes)
Tidak adanya sumber air dan lokasi yang sulit dijangkau, membuat pemadaman dilakukan dengan memukul-mukulkan ranting pohon. (Tangkapan layar Dedes)

AURORA NEWS -  Kebakaran hutan dan lahan kembali terjadi di Desa Suka Maju, Kecamatan Rambah, Kabupaten Rokan Hulu, Riau, pada Sabtu (30/7).

Kali ini, lahan semak belukar yang terbakar mencapai 10 hektare. Diduga lahan tersebut sengaja dibakar, karena di sekitar tempat kejadian, petugas gabungan menemukan jerigen bahan bakar.

Kebakaran lahan di Desa Suka Maju terdeteksi, saat petugas Karhutla gabungan yang terdiri dari BPBD dan TNI dan Polri melakukan patroli Karhutla di wilayah tersebut. 

Baca Juga: Lagi, Perbukitan Danau Toba Terbakar

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Rokan Hulu, Marundung Tua Simbolon, Minggu (31/7) mengatakan petugas yang melihat kepulan asap langsung menuju lokasi di areal areal bukit barisan dengan menggunakan sepeda motor. 

“Saat di lokasi, petugas menemukan lahan yang terbakar  dan diduga akan dibuka perkebunan kelapa sawit,” ujar Marundung. 

Marundung menambahkan tidak adanya sumber air menyebabkan upaya pemadaman sulit dilakukan. “Petugas hanya berupaya mencegah titik api menyebar dengan memukul-mukulkan ranting pohon untuk memadamkan api,” papar Marundung. 

Baca Juga: Komnas HAM Jelaskan Urutan Rekaman CCTV di Hari Penembakan Brigadir J

Sebuah jerigen ditemukan di lokasi kebakaran. (Tangkapan layar Dedes)
Marundung  juga menyebutkan Desa Suka Maju menjadi salah satu daerah rawan kebakaran lahan.

Sebelum kejadian ini, pada tanggal 9 juli 2022 lahan seluas 80 hektare di kawasan ini juga terbakar hebat sehingga butuh waktu berhari-hari untuk memadamkannya.

Halaman:

Editor: Abhiseka

Tags

Artikel Terkait

Terkini

 Pekan Budaya Nusantara Pecahkan 2 Rekor MURI

Minggu, 5 Februari 2023 | 16:40 WIB

Bobby Nasution Dukung Kaesang Adik Iparnya Berpolitik

Sabtu, 28 Januari 2023 | 16:01 WIB
X