• Rabu, 7 Desember 2022

Satu Anak Lumpuh, Kemenkes Tetapkan KLB Polio di Aceh

- Minggu, 20 November 2022 | 00:03 WIB
Ilustrasi - Pemkab Pidie, Aceh, menetapkan status KLB Polio usai ditemukan satu anak positif Polio pada 10 November 2022. (Moh Badar Risqullah/CoverBothSide.com)
Ilustrasi - Pemkab Pidie, Aceh, menetapkan status KLB Polio usai ditemukan satu anak positif Polio pada 10 November 2022. (Moh Badar Risqullah/CoverBothSide.com)


AURORA NEWS – Kasus pasien lumpuh akibat polio di Aceh direspons cepat oleh pemerintah. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dalam hal ini resmi menetapkan status kejadian luar biasa (KLB) Penyakit polio (Poliomyelitis) di Aceh.

"Kita tahun ini 1 kasus melaporkan jadi satu saja merupakan kejadian yang luar biasa," ujar Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Maxi Rein Rondonuwu dalam Konferensi Pers KLB Penyakit Polio secara online.

Baca Juga: Hampir Semua Kecamatan di Kota Medan Dilanda Banjir

Disebut KLB karena memang dampak dari penyakit polio bisa menyebabkan kelumpuhan total. Virus polio menyerang sistem saraf seseorang, sehingga bisa melemahkan hingga mengecilkan otot pada manusia.

Maxi mengingatkan bahwa masa inkubasi dari virus ini 7-21 hari. Dia pun mendorong seluruh masyarakat, untuk segera melakukan vaksinasi polio.

Baca Juga: Naik Kelas, Mantan Wasit Liga 1 Dipercaya Pimpin Pertandingan Piala Dunia 2022

Kewaspadaan masyarakat perlu ditingkatkan mengingat virus ini menyebar secara faecel-oral. Tak hanya itu virus ini juga bisa berkembang di sistem pencernaan.

"Penularannya bisa melalui faecel-oral. Virus itu bisa berkembang di sistem pencernaan dan menyerang saraf sehingga kekuatan otot berkurang dan mengecil, dan terjadinya kelumpuhan," kata Maxime.

Baca Juga: Fakultas Ilmu Budaya USU Gelar Festival Budaya Tiongkok

Dalam penjelasannya, Maxi menyebut satu kasus adalah anak usia 7 tahun 2 bulan. Mengalami kelumpuhan pada kaki bagian kiri.

Halaman:

Editor: Denny S. Batubara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemerintah Perpanjang PPKM di Akhir Tahun 2022

Selasa, 6 Desember 2022 | 19:08 WIB

Seorang Perempuan Nekat Terobos Sidang Ferdy Sambo

Selasa, 29 November 2022 | 23:39 WIB

BKN akan Percepat Kenaikan Pangkat dan Pensiun ASN

Minggu, 20 November 2022 | 00:53 WIB

Satu Anak Lumpuh, Kemenkes Tetapkan KLB Polio di Aceh

Minggu, 20 November 2022 | 00:03 WIB
X