China Bakal Boikot KTT G20 India Lantaran Digelar di Lokasi Ini

- Selasa, 23 Mei 2023 | 17:24 WIB
Tentara India berjaga-jaga di luar arena pertemuan G20 di Srinagar, India
Tentara India berjaga-jaga di luar arena pertemuan G20 di Srinagar, India

AURORA NEWSIndia tetap pada keputusannya untuk menggelar pertemuan Kelompok Negara 20 atau G20 di wilayah Jammu dan Kashmir di Himalaya, meskipun ada kritik dari kelompok hak asasi manusia dan perkiraan boikot dari beberapa negara.

Srinagar, ibu kota musim panas Jammu dan Kashmir, dijadwalkan menjadi tuan rumah pertemuan pariwisata untuk anggota G20 minggu ini, sebagai upaya pemerintah India untuk memamerkan budaya kawasan tersebut.

Ini adalah acara internasional pertama yang digelar di wilayah sengketa sejak India mencabut status khususnya dan membagi negara bagian sebelumnya menjadi dua wilayah federal pada tahun 2019.

Ladakh, yang sebelumnya merupakan bagian dari negara bagian, dipisahkan dan berubah menjadi wilayah mandiri.

Baca Juga: Sambut Jemaah Lansia, Petugas Daker Madinah Siapkan Sederet Hal Ini

Ladakh adalah wilayah yang disengketakan di sepanjang Garis Kontrol Aktual, perbatasan de-facto antara India dan China. Kedua negara mengklaim bagian dari wilayah itu.

Pemerintah China sendiri telah menegaskan tidak akan menghadiri pertemuan G20 di wilayah yang disengketakan.

Sejak bentrokan yang melibatkan pertarungan tangan kosong pada tahun 2020 merenggut nyawa setidaknya 20 tentara India dan empat tentara China, kedua belah pihak telah mengerahkan ribuan tentara ke daerah tersebut.

Negara-negara lain, termasuk Arab Saudi, Mesir dan Turki, diperkirakan akan memboikot acara tersebut.

Kashmir adalah salah satu wilayah sengketa paling berbahaya di dunia. Wilayah itu diklaim secara keseluruhan oleh India dan Pakistan dan kerap terjadi aksi kekerasan dalam kurun 70 tahun terakhir. ***

 

Editor: Faisal Utama

Sumber: CNN

Tags

Terkini

Kemenag Siapkan Konsultan Ibadah di Tanah Suci

Senin, 5 Juni 2023 | 05:44 WIB
X