• Senin, 25 September 2023

Permudah Sertifikasi Halal, LPPOM MUI Punya Empat Kantor Perwakilan di Luar Negeri

- Senin, 18 September 2023 | 16:50 WIB
Wapres Ma'ruf Amin meninjau LPPOM MUI di Shanghai, China
Wapres Ma'ruf Amin meninjau LPPOM MUI di Shanghai, China

AURORA NEWS - Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) hingga saat ini telah memiliki empat kantor perwakilan di luar negeri, salah satunya di China.

Keberadaan kantor LPPOM MUI di luar negeri ini, selain sangat mendukung program percepatan sertifikasi halal yang diusung Pemerintah Indonesia, juga sebagai upaya untuk memperluas jaringan.

“Kantor perwakilan kami di China telah diinisiasi sejak tahun 2008. Keberadaan kantor perwakilan kami di Shanghai mempermudah sertifikasi halal produk asal Tiongkok yang pada akhirnya akan mendukung pemerintah dalam memenuhi ketersedian bahan baku pangan, farmasi, dan kosmetik yang halal sehingga program sertifikasi 10 juta produk halal 2024 akan lebih mudah,” terang Direktur Utama LPPOM MUI Muti Arintawati ketika menerima Wakil Presiden  Ma’ruf Amin, Senin (18/9).

Pihaknya menekankan bahwa upaya ini dimulai sebagai bentuk dukungan LPPOM MUI dalam memberikan jaminan kehalalan kepada konsumen dalam mengonsumsi produk yang berasal atau berbahan baku asal China.

“Kami hadir untuk membantu perusahaan yang tidak berada di Indonesia dan tidak mampu berbahasa Indonesia mendapatkan informasi terkini dan akurat terkait sistem sertifikasi halal di Indonesia beserta dukungan teknisnya,” papar Muti Arintawati.

LPPOM MUI melakukan audit halal ke China dimulai pada awal tahun 2000. Perlahan jumlah perusahaan yang mendaftar meningkat.

Tahun 2008, LPPOM MUI menandatangani kerja sama dengan Shanghai Al Amin untuk membantu LPPOM MUI dalam promosi sertifikasi halal di pasar China. Melalui kerja sama ini, permintaan perusahaan China untuk mendapatkan sertifikat halal semakin meningkat.

Sampai saat ini, lebih dari 1.000 perusahaan dan lebih dari 7.000 produk di Tiongkok telah memperoleh sertifikat halal melalui kantor perwakilan LPPOM MUI Shanghai.

Cakupan perusahaan meliputi kategori bahan baku makanan, minuman dan pangan olahan, vitamin dan suplemen, enzim, kosmetik, serta obat-obatan dan vaksin. ***

 

Editor: Faisal Utama

Sumber: Setwapres

Tags

Terkini

Antartika Ditumbuhi Bunga, Jadi Pertanda Buruk?

Senin, 25 September 2023 | 07:00 WIB

WNI Diculik di Malaysia, Minta Tebusan 1,7 Milyar Rupiah

Senin, 25 September 2023 | 06:00 WIB

Kembali Terjadi, Menteri China Hilang Secara Misterius

Minggu, 24 September 2023 | 14:00 WIB

Ilmuwan Jepang Pakai Teknologi AI untuk Pahami Kokok Ayam

Minggu, 24 September 2023 | 05:04 WIB
X